Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Gaya Hidup Konsumtif dan Identitas Digital Generasi Z

M., Fitri Sarasati Gaya Hidup Konsumtif dan Identitas Digital Generasi Z. Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Gaya Hidup Konsumtif dan Identitas Digital Generasi Z.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era media sosial yang serba visual dan algoritmik, identitas diri tidak lagi tumbuh dari proses organik seperti nilai, pengalaman, dan refleksi personal. Generasi Z hidup dalam lanskap digital yang menjadikan tampilan sebagai bentuk utama ekspresi diri. Siapa mereka seolah ditentukan oleh apa yang mereka tampilkan, kenakan, unggah, dan konsumsi. Estetika visual, tren mode, dan produk populer menjadi bahasa baru dalam membangun citra diri yang diakui. Namun di balik kebebasan mengekspresikan diri itu, ada tekanan yang tidak selalu terlihat, tapi terasa nyata. Tekanan untuk selalu mengikuti tren, tampil sempurna, dan disukai banyak orang mendorong Gen Z untuk menyesuaikan diri dengan standar yang ditentukan oleh media sosial. Budaya konsumtif tidak hanya soal membeli barang, tapi juga menjadi cara untuk membentuk siapa kita di dunia digital. Dalam situasi ini, Gen Z bukan hanya menjadi pembeli, tapi juga menjadi sasaran pasar yang terus diarahkan dan dikendalikan oleh sistem ekonomi digital yang sangat kuat dan luas pengaruhnya.

Item Type: Article
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 20 Jun 2025 12:09
Last Modified: 20 Jun 2025 12:09
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item