Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KATSUOBUSHI (STUDI KOMPARATIF KONSUMEN INDONESIA DAN JEPANG)

Widisasono, Fajar (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KATSUOBUSHI (STUDI KOMPARATIF KONSUMEN INDONESIA DAN JEPANG). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Fajar Widisasono - 230470002 - abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fajar Widisasono - 230470002 - bab 1.pdf

Download (480kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi eksplorasi dan analisis terkait preferensi perilaku konsumen dalam memilih produk katsuobushi di Indonesia dan Jepang. Rumusan masalah penelitian ini adalah faktor faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen memilih produk katsuobushi di Indonesia dan Jepang. Terdapat 4 (empat) aspek preferensi konsumen yaitu aspek psikologis, sosial, situasional, dan stimulus pemasaran yang diteliti. Metodologi penelitian dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Obyek penelitian dilakukan pada konsumen yang memilih produk katsuobushi di Indonesia dan Jepang. Katsuobushi merupakan produk olahan ikan cakalang, dikenal luas di Jepang sebagai penguat rasa dalam berbagai hidangan. Produk ini menggunakan ikan cakalang yang sebagian besar diimpor dari Indonesia, kemudian diolah dengan metode pengasapan tradisional negara Jepang. Sebagai negara dengan populasi 282 juta jiwa, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pasar konsumen katsuobushi, serupa dengan popularitas nori (produk olahan rumput laut) di kalangan masyarakat Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen adalah rasa, harga dan merk. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sosial dan situasional menjadi faktor utama dalam konsumen memutuskan pembelian produk katsuobushi. Sehingga strategi pemasaran yang disarankan adalah pendekatan komunikasi dengan berbasis komunitas dengan menggandeng influencer atau endorser dan menjaga pelayanan penjualan dengan memastikan pelayanan yang cepat dan produk yang harus selalu tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 10 Sep 2025 12:47
Last Modified: 10 Sep 2025 12:47
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item