Mahalia, Jihan (2025) Representasi Komunikasi Krisis Pasokan BBM Pt Shell Indonesia Terhadap Respon Publik Di Instagram @shell_indonesia Januari 2025. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Jihan Mahalia - 210900064 (BAB I).pdf Download (759kB) |
|
|
Text
Jihan Mahalia 210900064 (ABSTRAK).pdf Download (1MB) |
Abstract
Komunikasi krisis sangat penting dalam mengatasi suatu krisis pada perusahaan atau organisasi. Penelitian ini merepresentasikan komunikasi krisis yang dilakukan oleh PT Shell Indonesia dalam menghadapi krisis pasokan BBM pada Januari 2025, serta respon publik yang tercermin melalui interaksi di media sosial Instagram. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk merepresentasikan komunikasi krisis yang dilakukan PT Shell Indonesia saat terjadi krisis pasokan BBM serta bagaimana respon yang diberikan publik khususnya di Instagram @shell_indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Corporate Apologia untuk mengidentifikasi strategi komunikasi krisis yang digunakan perusahaan dan teori Analisis Konten untuk menganalisis Instagram @shell_indonesia. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Shell Indonesia menggunakan strategi denial, differentiation, blostering, dan transcendence untuk mengkomunikasikan krisis. Serta respon publik yang diberikan yaitu meminta agar pihak Shell memberikan kepastian akan tersedianya BBM, transparansi, dan agar krisis tersebut tidak terjadi lagi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Comunication |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 13:25 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 13:25 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
