Ayun, Kunanti Qurotha (2025) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KEUANGAN PADA KOLEKTOR MERCHANDISE K-POP DI KEBAYORAN LAMA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Kunanti Qurotha 'Ayun - 210400062 (ABSTRAK).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Kunanti Qurotha 'Ayun - 210400062 (BAB I).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keuangan kolektor merchandise K-Pop di wilayah Kebayoran Lama. Fenomena meningkatnya pembelian merchandise oleh penggemar K-Pop tidak jarang menimbulkan implikasi terhadap pengelolaan keuangan individu, khususnya di kalangan mahasiswa dan generasi muda. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi income, financial literacy, dan self control, sementara variabel dependen adalah perilaku keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square – Structural Equating Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS. Sampel terdiri dari 48 responden yang merupakan kolektor aktif merchandise K-Pop di Kebayoran Lama, yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa income dan self control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, sedangkan financial literacy tidak berpengaruh signifikan. Nilai R–Square sebesar 0,713 mengindikasikan bahwa model mampu menjelaskan 71,3% terhadap perilaku keuangan kolektor merchandise K-Pop.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Management > Financial Management |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
| Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 14:06 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 14:06 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
