Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN WARDAH BEAUTY EPISODE “INGAT SETIAP INGAT”

ALVIANTY, NABILLA (2025) PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP ISI PESAN PADA IKLAN WARDAH BEAUTY EPISODE “INGAT SETIAP INGAT”. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
NABILLA ALVIANTY_210900004 (ABSTRAK).pdf

Download (2MB)
[img] Text
NABILLA ALVIANTY_210900004 (BAB I).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerimaan Khalayak terhadap Isi Pesan pada Iklan Wardah Beauty Episode ‘Ingat Setiap Niat’”, yang dilatarbelakangi oleh maraknya iklan bernuansa religius di media sosial, khususnya YouTube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana khalayak memaknai isi pesan dalam iklan tersebut dengan menggunakan teori penerimaan audiens dari Stuart Hall, yang membagi posisi decoding ke dalam tiga kategori: dominan, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini dengan landasan konseptual yang mencakup teori komunikasi, media baru, pesan komunikasi, resepsi, serta konsep khalayak aktif. Kerangka teori ini membantu peneliti dalam memahami proses makna yang dibentuk oleh audiens berdasarkan latar belakang sosial dan pengalaman masing-masing. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD), yang dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pola pemaknaan audiens terhadap isi iklan. Bahwa penerimaan audiens terhadap iklan Wardah bersifat beragam. Sebagian informan menafsirkan pesan secara dominan dan merasa terwakili, sebagian lain berada pada posisi negosiasi dengan menyesuaikan makna iklan terhadap konteks pribadi, sementara sisanya menolak pesan karena merasa kurang relevan. Interaktivitas media sosial memungkinkan khalayak berperan aktif dalam membentuk makna tersebut. Penelitian ini bahwa media baru seperti YouTube membuka ruang partisipatif dalam proses komunikasi. Penerimaan khalayak bersifat reflektif dan tidak tunggal. Oleh karena itu, produsen iklan disarankan untuk mempertimbangkan keragaman interpretasi audiens dalam merancang pesan yang lebih inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Ny Amrita Dyah Lestari
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:20
Last Modified: 11 Sep 2025 02:20
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4414

Actions (login required)

View Item View Item