PUTRA, ANANDA ISA (2025) PENGARUH HASHTAG #KaburAjaDulu TERHADAP PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DI X (Survei Pada Karyawan di PT. Brothersindo Saudara Sejati). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
BAB I SKRIPSI_Ananda Isa Putra_210900059.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
cover SKRIPSI_Ananda Isa Putra_210900059.pdf Download (412kB) |
Abstract
Maraknya penggunaan media sosial X sebagai ruang publik digital, dalam menyuarakan opini terkait isu sosial dan politik. Hashtag #KaburAjaDulu muncul sebagai bentuk ekspresi masyarakat, terutama generasi muda, terhadap keresahan terhadap kondisi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Social Judgement Theory untuk menjelaskan bagaimana individu merespons pesan berdasarkan keterlibatan pribadi, dengan fokus pada konsep komunikasi, media sosial, hashtag, dan opini publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 134 karyawan di PT. Brothersindo Saudara Sejati menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian membuktikan pengaruh signifikan antara hashtag #KaburAjaDulu terhadap pembentukan opini publik di X, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 71,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hashtag efektif membentuk opini publik. Masyarakat perlu meningkatkan literasi digital dan sikap kritis, sementara pemerintah diharapkan lebih responsif terhadap aspirasi publik di media sosial.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Comunication |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 04:57 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 04:57 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
