Makna Hedonis Pada Iklan Rokok Mild Go A Head Versi “Hidup Lo Konten Gue” di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Yanda, Singgih Nur Pratama (2022) Makna Hedonis Pada Iklan Rokok Mild Go A Head Versi “Hidup Lo Konten Gue” di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi massa. Salah satu iklan televisi yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini adalah iklan rokok Mild Go A Head versi “Hidup Lo Konten Gue”. Iklan rokok tersebut tentu tidak menampilkan produk rokok dan memiliki pesan mendalam tentang sikap hedonis. Sikap hedonis merupakan sikap yang berkaitan dengan kesenangan hidup seseorang secara berlebihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami makna hedonis yang terdapat dalam iklan rokok Mild Go A Head versi “Hidup Lo Konten Gue” di televisi. Metode penelitian menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes membahas tentang tanda (sign), penanda (signifier), petanda (signified). Masing-masing tanda tersebut memiliki dua pemaknaan, yaitu makna denotasi dan konotasi. Poin penting yang didapatkan dari analisis semiotika Roland Barthes pada iklan tersebut adalah sikap hedonis dan perekaman seseorang tanpa izin. Sikap hedonis ditunjukkan pada adegan saat seseorang membeli barang dalam jumlah dan sikap yang berlebihan sehingga menjadi pusat perhatian orang lain serta memicu seseorang untuk melakukan perekaman tanpa izin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 02 Sep 2022 09:15
Last Modified: 02 Sep 2022 09:15
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item