Raftiogo, Arif (2018) PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PELANGGAN PT. USAHA GEMILANG UTAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
bab 1.pdf Download (569kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (571kB) |
Abstract
Loyalitas Pelanggan adalah kesetiaan pihak yang menggunakan produk atau jasa baik untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak lain untuk terus berlangganan pada perusahaan dalam jangka panjang. Ketersediaan data dari banyaknya transaksi pelanggan di PT. Usaha Gemilang Utama dapat dimanfaatkan dengan algoritma k-means untuk mengetahui pelanggan yang hanya sekali melakukan transaksi maupun pelanggan dengan loyalitas tinggi sehingga usaha untuk mempertahankan dan membangun kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan sudah menjadi kewajiban yang harus dijalankan karena akan menjadi sumber pemasukan dan mencegah terjadinya perpindahan pelanggan mengingat semakin banyaknya pesaing. Atribut yang digunakan quantity, jumlah transaksi, jumlah harga yang bertujuan untuk menerapkan salah satu metode pengolahan data mining menggunakan algoritma k-means dengan mempartisi data ke dalam cluster sehingga data menyesuaikan masing-masing karakteristik untuk dikelompokan sesuai cluster. Kemudian hasil dari clustering akan dianalisis untuk mengetahui pelanggan yang masuk dalam kategori loyalitas tinggi untuk diberikan diskon sehingga bisa di jadikan solusi sebagai bahan pertimbangan yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Technology > Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 05:12 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 05:12 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1122 |
Actions (login required)
View Item |