PEMETAAN PROMOSI PMB USNI TERHADAP SEBARAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS DI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA

Sumadikarta, Istiqomah and Choliq, Abdul and Silmi, Ai PEMETAAN PROMOSI PMB USNI TERHADAP SEBARAN MAHASISWA BARU DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS DI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA. Laporan Penelitian Dosen.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN pemetaan promosi pmb dan sebaran mahasiswa baru 2018 GANJIL ok1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Naik turunnya grafik penerimaan mahasiswa baru USNI harus menjadi perhatian Unit Humas dan Pemasaran USNI (Humas USNI). Pada tahun 2009-2015 terjadi peningkatan penerimaan mahasiswa baru rata-rata 7.5% pertahun, namun terdapat catatan yaitu pada tahun 2010 dan 2014 terjadi penurunan masing-masing 2% dan 21%, sedangkan pada tahun 2013 terdapat peningkatan yang cukup signifikan yaitu 29%. Sebagai unit yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut diatas, Humas USNI tentunya membutuhkan banyak informasi terhadap data yang dimilikinya. Meskipun sudah terdapat beberapa cara pengolahan informasi namun perlu ditambah agar Humas USNI mendapatkan sudut pandang yang lebih luas, Salah satu bentuk informasi yang dimungkinkan adalah melihat hubungan kegiatan promosi Humas USNI dan mahasiswa baru secara geografis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat membantu Humas USNI melihat hubungan antara data kegiatan promosi dengan data mahasiswa baru secara geografis. Antara lain: 1. Memetakan titik-titik promosi dan penyebaran mahasiswa baru USNI. 2. Menghitung perkiraan nilai kontribusi titik promosi. 3. Menentukan titik promosi terluar 4. Menentukan titik promosi tidak efektif 5. Merekomendasikan area promosi baru Pemetaan dilakukan dengan menggunakan Google Maps berbasis web dipadu dengan teknologi web lainnya dan beberapa teknik perhitungan seperti formula Haversines yang diimplementasi dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Dari 52 titik promosi dan 395 titik domisili mahasiswa baru tahun 2018 semester ganjil, didapat: 1. Perkiraan nilai kontribusi titik promosi 81,3% 2. Titik promosi terluar adalah SMA AL-HUDA paling Utara dengan latitude - 6.1496746, SMK YADIKA 12 paling Selatan dengan latitude -6.379000, SMAN 22 paling Timur dengan longitude 106.869181, dan SMAN 13 TANGERANG paling Barat longtitude 106.705345, 3. Tidak ada titik promosi yang tidak efektif karena seluruhnya memiliki nilai kontribusi. 4. Terdapat 5 Rekomendasi Titik Pusat Promosi antara lain di: Lat: -6.34393295 Lng: 106.72688035, Lat: -6.29978725 Lng: 106.85368535, Lat: - 6.2655385500000005 Lng: 106.8523155, Lat: -6.30888725 Lng: 106.81600805, Lat: -6.2881329 Lng: 106.6741358 Dari empat informasi di atas dapat disimpulkan bahwa bahwa promosi yang telah dilakukan oleh Humas USNI dari sisi geografis pada tahun 2018 sudah baik namun masih dapat ditingkatkan lagi.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Penelitian Dosen
Divisions: Laporan Penelitian Dosen
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 06 Dec 2022 09:46
Last Modified: 06 Dec 2022 09:46
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1662

Actions (login required)

View Item View Item