PENGARUH PERSONAL BRANDING JOVI ADHIGUNA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT FASHION ANDROGINI (Survey Pada Followers Akun Instagram @joviadhiguna)

Novendra, Saskia (2022) PENGARUH PERSONAL BRANDING JOVI ADHIGUNA DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT FASHION ANDROGINI (Survey Pada Followers Akun Instagram @joviadhiguna). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hadirnya fashion androgini di Indonesia. Fashion ini mulai dikenal masyarakat melalui beberapa influencer atau content creator androgini. Mereka berhasil ekspresikan diri sebagai sosok androgini di media sosial, salah satunya Instagram. Setiap influencer memiliki pengaruh untuk mendorong masyarakat, terlebih followers-nya untuk mencoba mengikuti gaya hidupnya, ataupun menirukan gaya berpakaiannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Computer Mediated Communication atau CMC dimana teori tersebut sebagai proses komunikasi dengan menggunakan media teknologi komputer, walaupun terpisah jarak dan waktu tidak menyulitkan komunikator dan komunikan untuk dapat saling terhubung atau berinteraksi satu sama lain. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey, sifat penelitian eksplanatif. Penulis menggunakan metode penelitian survey dengan sistem kuesioner sebagai instrument pertama untuk menggumpulkan data. Pengumpulan data sistem kuesioner yang disebar secara online kepada sebagain besar followers akun Instagram @joviadhiguna. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata paling besar dalam kelompok jenis kelamin adalah responden perempuan dengan presentase sebanyak 51% dan dalam kelompok usia rata-rata paling besar adalah responden usia 25-28 tahun dengan presentase sebanyak 32%. Kesimpulan dari peneletian ini penulis meberikan saran untuk masyarakat terlebih pengikut Jovi Adighuna diharapkan dapat mengambil dampak positif dan negatif dari penggunaan sosial media. Minat fashion androgini menurut penulis adalah salah satu minat yang positif dan dapat ditiru, selagi kita dapat mengelola minat itu dengan baik dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji lebih dalam referensi dalam mengembangkan Ilmu Komunikasi mengenai pengaruh personal branding di medisa massa atau media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Sciences > Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 19 Sep 2022 08:59
Last Modified: 19 Sep 2022 08:59
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item