KOMODIFIKASI KEMISKINAN PADA ACARA VARIETY SHOW THE NEW EAT BULAGA! INDONESIA ANTV DALAM SEGMEN “MAJU TERUS PANTANG MUNDUR” (Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Michael Foucault)

Aulia, Cut Riza (2016) KOMODIFIKASI KEMISKINAN PADA ACARA VARIETY SHOW THE NEW EAT BULAGA! INDONESIA ANTV DALAM SEGMEN “MAJU TERUS PANTANG MUNDUR” (Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Michael Foucault). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
ABSTRAK_SKRIPSI CUT RIZA AULIA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1_SKRIPSI CUT RIZA AULIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komodifikasi bagi Mosco digambarkan sebagai transformasi nilai guna menjadi nilai tukar, dimana hal yang pada dasarnya tidak bernilai jual ditransfomasikan menjadi suatu komoditas yang bisa dijual. Dalam hal ini, kemiskinan yang sering kita saksikan di sekitar dijadikan produk media, dan menjadi tontonan populer yang berhasil menarik perhatian penonton ataupun iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komodifikasi kemiskinan yang terjadi pada acara The New Eat Bulaga! Indonesia segmen “Maju Terus Pantang Mundur” dengan model analisis wacana kritis Michael Foucault. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis Michael Foucault, yang membahas tentang hubungan antara kekuasaan dan pengetahuan. Foucault mendefinisikan kuasa agak berbeda dengan beberapa ahli lain. Kuasa oleh Foucault tidak dimaknai dalam term “kepemilikan”, dimana seseorang mempunyai sumber kekuasaan tertentu. Teori ini akan menjadi dasar dari penelitian tentang Komodifikasi Kemiskinan Pada Acara Variety Show The New Eat Bulaga! Indonesia ANTV Dalam Segmen “Maju Terus Pantang Mundur” (Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Michael Foucault). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis wacana kritis, analisis wacana kritis tidak dipusatkan pada kebenaran/ketidakbenaran struktur tata bahasa atau proses penafsiran seperti pada analisis konstruktivisme. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah membedah bagaimana praktik komodifikasi tersebut dilakukan dengan berbagai cara sehingga realitas yang ada tidak terlihat karena ditutupi dengan adanya kepentingan pemilik media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Desi Novita Sari
Date Deposited: 16 Dec 2022 11:22
Last Modified: 16 Dec 2022 11:22
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/1387

Actions (login required)

View Item View Item