Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH TAYANGAN IKLAN TOKOPEDIA WAKTU INDONESIA BELANJA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei pada Remaja RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere)

Urai, Zakiy (2021) PENGARUH TAYANGAN IKLAN TOKOPEDIA WAKTU INDONESIA BELANJA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei pada Remaja RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI ZAKIY URAI - 051603503125077_BAB1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ZAKIY URAI - 051603503125077_Cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Situs jual beli di Indonesia kian hari semakin berkembang, hal ini dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk merebut hati konsumen. Salah satu cara yang dilakukan Tokopedia adalah dengan strategi tayangan iklan di berbagai platform online, yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan iklan tokopedia waktu Indonesia belanja terhadap minat beli konsumen. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R sebagai singkatan dari stimulusorganism- response ini semula berasal dari psikologi. Teori ini menyatakan apabila stimulus response, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikasi. Penelitian ini menggunakan paradigm positivistic dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan survei dan sifat penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian adalah remaja RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere, yaitu sebanyak 1278 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah responden 93 orang. Hasil penelitian uji korelasi nilai signifikan 0,000 dan nilai Pearson Correlation 0,801 yang diartikan memiliki tingkat hubungan yang kuat dan sederhana antara variabel X dan variabel Y. Dalam hasil uj regresi linear sederhana diperoleh nilai sebesar Y = 8,155 + 0.515X, yang berarti uji regresi nilai X sebesar 0,515. Kemudian dalam hasl uji T diperoleh nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (12,778 > 1,986). Kesimpulan yang dhasilkan dari variabel X dan variabel Y menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel tayangan iklan tokopedia waktu Indonesia belanja terhadap minat beli konsumen, sehingga memperoleh hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:56
Last Modified: 01 Mar 2023 03:46
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item