Rinaldi, Muhamad Faisal (2021) Persepsi Netizen Terhadap Isi Konten Akun Instagram @lamiscorner Sebagai Media Informasi Selebriti. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
SKRIPSI MUHAMAD FAISAL RINALDI_bab1.pdf Download (699kB) |
|
Text
SKRIPSI MUHAMAD FAISAL RINALDI_cover.pdf Download (7MB) |
Abstract
Belakangan ini akun instagram yang menyajikan informasi seputar selebritas mulai menjamur. Saat ini sudah banyak akun gosip yang bertebaran di media sosial terutama di Instagram, salah satu nya akun @lamiscorner. @Lamiscorner kerap kali memposting suatu berita yang kebenaran nya belum bisa dipastikan. Hal ini jika terus menerus dilakukan pasti nya akan berdampak buruk, apalagi untuk si selebriti yang berita nya diposting di akun tersebut. Jika berita yang diposting agak kurang baik, public atau masyarakat pasti akan ber opini tentang selebriti yang ada di postingan itu.Penelitian ini menggunakan Teori Penerimaan pesan yang pada dasar nya memfokuskan pada peran si pembaca dalam memproses informasi yang ia terima. Artinya berkaitan dengan penelitian ini, dimana penulis meneliti persepsi netizen yang merupakan membaca terhadap informasi yang ia terima dari si pengirim pesan yang merupakan akun Instagram @lamiscorner. Penelitian ini juga menggunakan landasan konseptual yang meliputi representasi, interpretasi, resepsi, persepsi. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivis, dan dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara dari informan yang sudah penulis pilih dengan kriteria yang penulis tentukan sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dari wawancara yang dilakukan oleh beberapa informan, persepsi para pengikut Instagram tersebut yang penulis tanyai pada wawancara yaitu hal positif dari persepsi mereka adalah pembaca bisa mendapatkan berbagai informasi dari akun Instagram @lamiscorner. Persepsi netizen mengenai akun Instagram @lamiscorner ini adalah dari akun tersebut kita bisa mendapatkan berbagai informasi. Kemudian dari dampak negative nya, persepsi netizen yaitu lebih ke arah selebriti yang di gosipkan itu sendiri. Seperti misalnya konten yang tidak asing yang disajikan didalam akun-akun gossip di Instagram. Konten yang berisi seorang selebriti yang sedang melakukan kegiatan harian nya dan kemudian diambil foto nya secara diam-diam oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal itu sangat mengganggu privasi dari seorang selebriti itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 06:42 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 03:50 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2849 |
Actions (login required)
View Item |