Rulian, Reggie (2021) KOMODIFIKASI PEREMPUAN DALAM IKLAN (Studi semiotika pada iklan Ice Cream Magnum Versi Never stop playing di media youtube). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
REGGIE RULIAN 051403503125085-dikonversi_bab 1.pdf Download (706kB) |
|
Text
REGGIE RULIAN 051403503125085-dikonversi_cover.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menanalisa komoditas perempuan dalam iklan ice cream maknum versi never stop playing. Dimana dalam iklan Ice cream magnum yang merupakan produk makanan dengan model perempuan dan serta menimbulkan eksploitasi pada perempuan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekonomi politik media, dimana pelaku media mengubah pesan melalui teknologi yang ada menuju sistem interpretasi yang penuh makna hingga menjadi pesan yang menjual atau marketable dan dikaji dengan study semiotike john fiske menganilisa dengan 3 level of code, level realitas, level representasi, dan level ideologi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kritis dan bersifat deskriptif, pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data primer dan sekunder dengan melakukan studi dokumen. Subjek penelitian ini adalah iklan ice cream magnum versi never stop playing, sedangkan objek penelitiannya adalah scene yang memberikan kode-kode sensualitas di dalam iklan. Hasil penelitian yang didapatkan penulis adalah bagaimana perempuan di eksploitasi dan dijadikan komoditas oleh suatu perusahaan produk dengan memberikan unsure sensualitas dalam iklan demi mendapatkan keuntungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 08:05 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 05:09 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2901 |
Actions (login required)
View Item |