Pola komunikasi guru dalam mengajar anak autisme (Studi Etnografi Pada Sekolah Luar Biasa Ulaka Penca di Jl. Gunung Balong, Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan)

Oetomo, Hajeng Hesti (2021) Pola komunikasi guru dalam mengajar anak autisme (Studi Etnografi Pada Sekolah Luar Biasa Ulaka Penca di Jl. Gunung Balong, Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Hajeng Hesti Oetomo - ABSTRAK.pdf

Download (953kB)
[img] Text
Hajeng Hesti Oetomo - BAB I.pdf

Download (539kB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang pola komunikasi guru dalam mengajar anak autisme di Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Ulaka Penca.kelemahan anak autisme adalah sulitnya untuk berkomunikasi dengan teman dan guru dalam belajar. Lemahnya dalam berkomunikasi guru sering sekali selalu kontak mata dalam hal mengajar untuk mendapatkan feedback. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik sebagai teori dasar untuk mengetahui budaya anak autisme di Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Ulaka Penca. teori interaksi simbolik digunakan untuk mengetahui bagaimana interaksi yang terjadi antara guru dan anak autisme dalam menggunakan Bahasa isyarat dan berbagai simbol lain. Dalam kegiatan sehari – hari disekolah, Karena anak autisme berbeda – beda dalam tingkatnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan paradigm Konstruktivisme untuk berperan aktif.siswa dalam membangun pemahaman mereka sendiri tentang pengetahuan yang dipelajarinya. Peneliti juga menggunakan metode penelitian etnografi untuk mengetahui bagaimana budaya di Sekolah Luar Biasa dalam sehari – hari. Pendekatan menggunakan kualitatif yaitu pendekatanya dengan menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena – fenomena yang terjadi. Penelitian juga bersifat deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 03 Apr 2023 09:57
Last Modified: 03 Apr 2023 09:57
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item