RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSONAL BRANDING HABIB HUSEIN JA’FAR PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR

ANDIKA, YESI (2023) RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSONAL BRANDING HABIB HUSEIN JA’FAR PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
BAB 1- Skripsi- Yesi Andika- 190900137.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover- Skripsi- Yesi Andika- 190900137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran akun Instagram @Husein_hadar adalah salah satu akun yang memanfaatkan social media sebagai platform untuk berdakwah. Dengantujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap personal branding Habib Husein Jafar pada akun Instagram @Husein_hadar. Penelitian ini menggunakan teori encoding dan decoding dan menggunakan landasan konseptual personal branding dari peter montoya. Yaitu Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Kesatuan, Ketaguhan dan Nama Baik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, analisis data menggunakan analisis resepsi Stuart Hall. Pada penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data focus group discussion (FGD), paradigma konstruktivis, analisis data mencakup proses: Reduksi Data,Penyajian Data, dan Kesimpulan/Validasi. Focus Group Discussion (FGD) memperlihatkan bahwa setiap infoeman memberikan pemaknaan (decoding)terhadap pesan media melalui 3 kemungkinan posisi yaitu Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Perbedaan pemaknaan khalayak karena setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda seperti Pendidikan dan budaya. Dari hasil tersebut di ketahui bahwa resepsi khalayak terhadap akun Instagram @Husein_hadar berada di posisi dominan yang dimana informan menganggap cara berdakwah dan penampilan Habib sangat unik da gaul serta menggunakan Bahasa yang santun dan lemah lembut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 27 Sep 2023 12:12
Last Modified: 27 Sep 2023 12:12
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item