Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

REPRESENTASI PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA FILM THE GLORY

Pramudyaswardhana, Daffa (2023) REPRESENTASI PERUNDUNGAN (BULLYING) PADA FILM THE GLORY. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
COVER-DAFFA PRAMUDYASWARA-180900135.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB1-DAFFA PRAMUDYASWARA-180900135.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisa adegan bullying dalam film “The Glory” dari karya sutradara Kim Eun-sook dan An Gil-ho. Film ini sebuah film drama Korea tahun 2022 yang merupakan film tentang seorang wanita yang bertahun-tahun setelah selamat dari pelecehan mengerikan di SMA. Teori yang digunakan peneliti adalah teori konstruksi sosial media massa merupakan salah satu alat untuk merevisi akan teori konstruksi sosial dengan realita yang diciptakan Berger dan Luckmann. Berdasarkan konsep komunikasi, komunikasi massa, film sebagai media massa, film, sejarah film, genre film, jenis-jenis film, representasi, perundungan, dampak perilaku perundungan, factor terjadinya perundungan (bullying). Pada penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis semiotika Roland Barthes, menggunakan paradigma konstruktivisme, dan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini penulis membahas profil dari film The Glory dan meneliti beberapa adegan dari setiap scene yang berkaitan dengan sisi perundungan yang di representasikan pada penelitian ini. Maka kesimpulan yang ditarik, yaitu film ini dapat menjadi pelajaran agar masyarakat tidak menyepelehkan kasus-kasus bullying didalam lingkungan sekolah maupun lingkungan disekitar masyarakat .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 02 Oct 2023 07:33
Last Modified: 02 Oct 2023 07:33
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item