KONSTRUKSI PESAN PROMOSI KONTEN PRODUK 'CAMILLE' SKINCARE DALAM AKUN TIKTOK NADYA SHAVIRA

PUTRI, YOLANDA (2023) KONSTRUKSI PESAN PROMOSI KONTEN PRODUK 'CAMILLE' SKINCARE DALAM AKUN TIKTOK NADYA SHAVIRA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
COVER-YOLANDA PUTRI-190900122.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB 1-YOLANDA PUTRI-190900122.pdf

Download (299kB)

Abstract

Wanita sangat identik dengan kecantikan. Wanita selalu ingin berpenampilan menarik dan terlihat cantik. Untuk menunjang kecantikannya ia melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan ialah dengan menggunkan skincare. Salah satunya skincare camile, skincare ini diproduksi oleh produsen lokal dan hanya dipasarkan melalui media sosial, terutama pada platform media tiktok. Skincare camile dipasarkan melalui unggahan vidio di tiktok. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat konstruksi pesan promosi konten makna “Camille” skincare digambarkan oleh Influencer Nadya Shavira dalam konten Tiktok nya. Landasan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini menyangkut dengan judul yang digunakan ialah Konstruksi pesan, komunikasi, media sosial, Tiktok, Produk, Konsep makna, Citra merek, dan semiotika. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan Kualitatif, metode Analisis Semiotika model Charles Sanders Pierce dan sifat penelitian Deskriptif. Subjek penelitian adalah TikTok Nadya Saphira @ndshvv. dan objek penelitian berupa konten-konten dalam akun tiktok Nadya shavira yang berkaitan dengan Produk Camille. Teknik Pengumpulan Data adalah dokumentasi dan Teknik analisis data yang digunakan adalah semiotika model Charles Sanders Pierce; Representament, Object dan Interpretant Hasil Penelitian ini menggambarkan bagaimana influencer Nadya Shavira menggunakan strategi pemasaran berupa bagi-bagi uang dan giveaway dalam konstruksi pesan promosi untuk merek Camille di platform TikTok . Dari penelitian ini dapat disimpulkan Nadya Shavira berhasil menerapkan strategi pemasaran yang kreatif dan terfokus dalam mengkomunikasikan pesan promosi produk. Konten giveaway mengambil manfaat dari tren budaya dan trend media sosial, yang memberikan latar belakang konteks yang sesuai. Nadya Shavira sebagai influencer membantu memperkuat identitas merek, sementara interaksi langsung dengan pengikut melalui komentar dan partisipasi memperkuat keterlibatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:33
Last Modified: 02 Oct 2023 08:33
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item