REPRESENTASI PRIA DALAM IKLAN KOMERSIAL PRODUK WANITA (IKLAN YOUTUBE MS GLOW X KEANU VERSI CAKEP ITU NASIB, GOOD LOOKING ITU PILIHAN)

SUGIANTORO, BAYU (2023) REPRESENTASI PRIA DALAM IKLAN KOMERSIAL PRODUK WANITA (IKLAN YOUTUBE MS GLOW X KEANU VERSI CAKEP ITU NASIB, GOOD LOOKING ITU PILIHAN). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Skripsi - Bayu Sugiantoro - 190900050_abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Skripsi - Bayu Sugiantoro - 190900050_bab 1.pdf

Download (219kB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini banyak bermunculan media yang menyediakan wadah untuk menyampaikan pesan atau makna kepada konsumen atau audience untuk melihat suatu produk yang di iklankan, Ms Glow justru menemukan struktur pesan iklan baru untuk produk kecantikan pria, yaitu menampilkan karakter utama iklan dengan tubuh gemuk dan kulit sawo matang, dan tidak menunjukkan prestasi atau kelebihan tertentu seperti kemewahan, kesejahteraan dan kekuatan. Alasan peneliti memilih tipe penelitian deskriptif karena penelitian dengan tipe ini dianggap paling relevan dan metode analisis semiotika Jhon Fiske yaitu ada 3 level, level realitas, level representasi dan level ideologi dengan pembahasan peneliti yaitu akan menggambarkan atau mendeskripsikan makna-makna representasi dari feminim yang ada dalam iklan Ms Glow x Keanu Versi Cakep Itu Nasib, Good Looking Itu Pilihan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan permasalahan yang terdapat dalam scene-scene iklan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan feminim dari iklan ms glow x keanu memberikan terobosan terbaru dalam dunia periklanan yang ada di Indonesia dengan menampilkan keanu seperti perempuan, makna feminim pada iklan tersebut menjadi luas tidak hanya saja mengharuskan bertubuh kekar, maco, dan berkulit putih. Melalui iklan ini secara langsung untuk mengetahui tidak harus menampilkan identitas atau gestur ke laki-lakian, justru dengan tampil seperti ini menunjukkan bahwa semua laki-laki yang memiliki kekurangan ataupun kelebihan bisa tampil dengan percaya diri pada tubuhnya. Walaupun lelaki feminin sering menonjolkan sisi kewanitaan, baik melalui sikap gerak tubuh dan gaya bicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:50
Last Modified: 05 Oct 2023 09:50
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item