REPRESENTASI DAN REPRODUKSI BUDAYA ONDEL-ONDEL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI MEDIA DAN BUDAYA

Anzani, Yulita (2023) REPRESENTASI DAN REPRODUKSI BUDAYA ONDEL-ONDEL DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI MEDIA DAN BUDAYA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI FULL-Yulita Anzani-190900022_bab 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL-Yulita Anzani-190900022_abstrak.pdf

Download (940kB)

Abstract

Ondel-ondel merupakan bentuk pertunjukan seni khas betawi yang sering ditampilkan dalam pesta rakyat. Fenomena pengamen ondel-ondel yang terjadi di Rawa belong dan Sanggar Si Pitung Memproduksi dan merepresentasikan budaya. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Realitas Sosial, inti dari teori ini Penelitian ini bersifat deskriptif, dalam teori ini pandangan mengenai masyarakat sebagai suatu realitas yang objektif yang menekan individu, dibantah dengan pandangan alternatif bahwa struktur, kekuatan, dan ide mengenai masyarakat dibentuk oleh masyrakat secara terus-menerus. Tempat dan waktu penelitian masuk di metodologi penelitian yang menggunakan paradigma kontruktivisme yang dimana peneliti memahami secara interaktif dan interpretative dengan memahami tindakan, perilaku dan hal yang mewakili berbagai objek penelitian. Hasil penelitian dan pembahasan peneliti menggunakan wawancara secara nyata. Peneliti menggunakan ini untuk mengetahui bagaimana tanggapan dan kesiapan masyrakat dalam menerima ondel-ondel boneka budaya betawi ini dijadikan sumber pencarian uang. Dengan mengintegrasikan kesimpulan, implikasi, dan saran-saran tersebut, diharapkan bahwa studi ini dapat memberikan kontribusi bagi pemahaman kita tentang bagaimana media dan budaya saling berinteraksi dalam konteks representasi dan reproduksi budaya ondel-ondel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:15
Last Modified: 06 Oct 2023 09:15
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item