Kurniawan, Arief (2024) IDENTITAS PERNIKAHAN BUDAYA JAWA DALAM FILM MANTAN MANTEN. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
Arief Kurniawan_abstrak.pdf Download (4MB) |
|
Text
Arief Kurniawan_bab 1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Identitas Perikahan Budaya Jawa Dalam Film Mantan Manten bertujuan untuk mengetahui Identitas Budaya Jawa dalam pada film Mantan Manten. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial untuk menggambarkan sebuah proses sosial melalui tindakan dan suatu interaksinya dimana individu (khalayak) menciptakan sebuah realitas secara terus menerus dalam kehidupan nyata dan dialami bersama secara subjektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika dalam penelitian ini, yang merupakan ilmu yang mempelajari suatu makna melalui simbol-simbol yang telah disampaikan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivis bersifat deskriptif dengan pengumpulan data secara primer dan sekunder dengan menggunakan studi dokumen. Subjek penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah film Mantan Manten, dengan mencari tanda – tanda yang makna tentang Identitas Pernikahan Budaya Jawa. Hasil penelitian dengan cara mengamati adegan-adegan yang mengenai bagaimana identitas pernikahan budaya jawa yang terdapat pada film Mantan Manten. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan melihat film Mantan Manten. Kesimpulan Penulis menggunakan teknik analisa deskriptif dengan melakukan penjelasan melalui gambar per gambar dari film Mantan Manten. Kemudian, penulis menggunakan metode semiotika John Fiske dengan focus utama pada kodekode yang membentuk sebuah makna identitas sebuah budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Andrian Prayudho |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 03:18 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 03:18 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3740 |
Actions (login required)
View Item |