KRISTIANI, SONIA (2024) PENGARUH DAYA TARIK ANTARA KONTEN TIKTOK @HANYA_BACKPACKER DENGAN INSTAGRAM @PURNAMARAFLI_ TERHADAP KESADARAN MEREK PRODUK KAHF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA.
Text (ABSTRAK)
SONIA KRISTIANI(ABSTRAK) - 200900046.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (871kB) |
|
Text (BAB 1)
SONIA KRISTIANI(BAB 1) - 200900046.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (728kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh daya tarik konten TikTok @Hanya_Backpacker dan Instagram @purnamarafli_ terhadap kesadaran merek produk Kahf. Dengan membandingkan efektivitas TikTok dan Instagram dalam meningkatkan kesadaran merek produk Kahf melalui konten yang diproduksi oleh influencer @Hanya_Backpacker dan @purnamarafli_. Penelitian ini menggunakan teori elaboration likelihood dan teori brand awareness. Teori ELM dikembangkan oleh para ahli dari Ohio State University Amerika Serikat yaitu Richard E. Petty dan John T.Cacioppo pada 1980. Teori Brand Awareness dikembangkan oleh Aaker 1991. Dengan menggunakan paradigma positivistik, pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekslanatif-komparatif, metode yang digunakan adalah survey dengan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Terdapat 99 responden sebagai sampel. Data-data dalam penelitian ini di olah dengan menggunakan system komputerisasi yaitu program System Package Social Science 29 (SPSS 29). Hasil dalam penelitian ini memiliki pengaruh positif antara variabel Pengaruh Daya Tarik Antara Konten TikTok @Hanya_Backpacker Terhadap Kesadaran Merek Produk Kahf dengan nilai sebesar 332 yang artinya > 0,05 dan nilai t hitung 975 > t tabel 0,199 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh Daya Tarik Konten Instagram @Purnamarafli_ Terhadap Kesadaran Merek Produk Kahf sebesar 0,01 yang artinya < 0,05 dan nilai t hitung 6,410 > t tabel 0, 199 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kedua akun media sosial tersebut memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kesadaran merek. Namun, konten Instagram @Purnamarafli_ terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran merek konten yang diposting memiliki daya tarik yang lebih kuat dan mampu memberikan dampak yang lebih besar terhadap audiens dibandingkan dengan TikTok @Hanya_Backpacker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 10:52 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 10:52 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4094 |
Actions (login required)
View Item |