Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

MAKNA CITRA TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN WARDAH VERSI “BEAUTY MOVES YOU #BergerakMembawaManfaat”

Amalia, Dina (2023) MAKNA CITRA TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN WARDAH VERSI “BEAUTY MOVES YOU #BergerakMembawaManfaat”. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Dina Amalia bab 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Dina Amalia abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iklan Wardah Versi Beauty Moves You #BergerakMembawaManfaat memanfaatkan lima bintang iklan perempuan dan salah satunya penyandang disabilitas, dimana sebelumnya iklan Wardah selalu menggunakan bintang iklan perempuan bertubuh ideal dan mengedepankan sosok muslimah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana citra tubuh perempuan yang ditampilkan pada iklan kecantikan Wardah ini. Teori dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial, yang digunakan untuk menjembatani penggambaran dan penjabaran permasalahan yang terdapat pada scene iklan yang mengonstruksikan sebuah sudut pandang seseorang dengan melihat dunia realitasnya yang mereka alami secara subjektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme, dan metode analisis semiotika John Fiske untuk menelaah citra tubuh perempuan melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi dalam iklan Wardah Versi Beauty Moves You #BergerakMembawaManfaat. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa perempuan tampil sesuai dengan karakternya masing-masing, baik dari tampilan fisik ideal, karakteristik unik, karakteristik muslimah, serta dari keterbatasan tubuh, dan digambarkan melalui sisi profesi yang mampu memberikan nilai-nilai positif, kebermanfaatan, keberanian, hingga menjadi penggerak perubahan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah citra tubuh perempuan bukan hanya terkait dengan aspek penampilan fisik yang proporsional/ideal, melainkan dari nilai keelokan jiwa (inner beauty). Melalui iklan ini Wardah menggambarkan citra tubuh sesuai dengan masing-masing karakter perempuan yang mendukung keberadaannya sebagai wujud perempuan dengan versi terbaik dari dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 04 Nov 2024 11:34
Last Modified: 04 Nov 2024 11:34
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4167

Actions (login required)

View Item View Item