ADNA, JOSHUA STEVEN (2023) ANALISA NARATIF PADA FILM “TJOKROAMINOTO: GURU BANGSA”. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (152kB) |
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (435kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Naratif Pada Film Tjokroaminoto: Guru Bangsa. Tujuan dari dari skripsi ini adalah mengetahui karakter dan juga mengetahui fungsi narasi yang ada di dalam film Tjokroaminoto. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial dimana peristiwa di konstruksikan sesuai dengan keadaan untuk menciptakan rasa kepercayaan dengan tahapan eksternalisasi, objectivasi serta internalisasi. Penelitian ini menggunakan paradigma teori konstruktivis dengan pendekatan kulitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara menonton film dan menangkap rangkaian adegan dan narasi dalam film pendek Tjokroaminoto Guru Bangsa. Metode yang digunakan adalah Analisa Naratif. Hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa, Film Tjokroaminoto Guru Bangsa dibuat dengan sangat bagus dengan mengemas sisi kemanusiaan serta nasionalisme dalam kaitannya pada upaya membangun citra kepemimpinan yang berlandaskan kehidupan sosial dan politik masyarakat Indonesia. Film ini menyadarkan bangsa Indonesia supaya kita lebih menerima perbedaan pendapat dan menolak segala tindakan kekerasan. Kesimpulan Film ini memberikan nilai-nilai penting untuk rakyat Indonesia dalam berkehidupan dan berbangsa. Film ini juga mengingatkan kita untuk tidak lupa siapa kita sebenarnya. Terkadang hanya karena perbedaan pendapat dapat menimbulkan konflik yang tidak perlu. Kita diingatkan di dalam film ini bahwa persatuan dan kesatuan adalah suatu hal yang harus di jaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Comunication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Tn Satrio Wibowo |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 05:09 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 05:09 |
URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4176 |
Actions (login required)
View Item |