Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

SATIRE SEBAGAI STRATEGI PERSONAL BRANDING DALAM PEMBENTUKAN CITRA PUBLIK (Studi Kasus Pada Konten Berita MetroTV Oleh Valentinus Resa)

Rahman, Almeyda Zatira (2025) SATIRE SEBAGAI STRATEGI PERSONAL BRANDING DALAM PEMBENTUKAN CITRA PUBLIK (Studi Kasus Pada Konten Berita MetroTV Oleh Valentinus Resa). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
ALMEYDA ZATIRA RAHMAN_210900016 (ABSTRAK).pdf

Download (880kB)
[img] Text
ALMEYDA ZATIRA RAHMAN_210900016 (BAB I).pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi satire yang digunakan oleh Valentinus Resa dalam program berita MetroTV dimanfaatkan sebagai strategi personal branding untuk membentuk citra publik. Teori utama yang digunakan adalah Impression Management untuk memahami strategi personal branding, serta konsep satire, citra publik, dan media baru dalam konteks komunikasi massa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali pengalaman subjektif dan persepsi audiens. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi nonpartisipan terhadap konten berita dan media sosial, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya satire membentuk citra Valentinus sebagai jurnalis yang kritis, cerdas, dan komunikatif. Gaya penyampaian satire berhasil menyampaikan informasi dan isu aktual secara ringan dan menarik. Temuan ini memperkuat relevansi teori Impression Management dalam konteks komunikasi media, dan menunjukkan bahwa gaya satire yang digunakan secara strategis mampu membangun keterlibatan serta membentuk citra public

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 09 Sep 2025 10:32
Last Modified: 09 Sep 2025 10:32
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item