Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Trend Outfit of The Day Pada Instagram Sebagai Citra Diri Dalam Gaya Hidup Konsumtif Gen-Z

Ramadhan, Rangga (2025) Trend Outfit of The Day Pada Instagram Sebagai Citra Diri Dalam Gaya Hidup Konsumtif Gen-Z. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
RANGGA RAMADHAN 109090063 (ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
RANGGA RAMADHAN 109090063 (BAB I).pdf

Download (399kB)

Abstract

Fenomena OOTD di Instagram berkembang menjadi tren populer di kalangan generasi Z. Melalui unggahan ini, generasi Z menampilkan citra diri ideal, menjadikan Instagram sebagai ruang visual yang strategis dalam membangun citra diri. Landasan teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman yang membahas front stage, back stage, impression management, dan stigma. Selain itu, landasan konseptual penulisan ini juga mengangkat budaya visual media sosial dan gaya hidup generasi Z dalam menggunakan Instagram sebagai ruang presentasi diri. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam. Informan penulisan berjumlah lima orang generasi Z yang aktif membagikan OOTD di akun Instagram pribadi mereka. Hasil penulisan menunjukkan informan secara sadar mengelola outfit, lokasi, dan tampilan feed untuk membangun citra ideal. Di sisi lain, mereka menyembunyikan realitas keseharian yang tidak sesuai dengan citra yang ingin ditampilkan. Kesimpulan penulisan ini menunjukkan bahwa konstruksi citra diri generasi Z melalui OOTD di Instagram merupakan praktik manajemen kesan yang strategis, sejalan dengan ekspektasi audiens dan budaya visual media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 11 Sep 2025 07:40
Last Modified: 11 Sep 2025 07:40
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item