Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

ANALISIS RESEPSI CHANNEL YOUTUBE TRETAN UNIVERSE MELALUI KONTEN “SEKOLAH NORMAL” MENGHADIRKAN TALENTA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Musaddad, Ahmad (2025) ANALISIS RESEPSI CHANNEL YOUTUBE TRETAN UNIVERSE MELALUI KONTEN “SEKOLAH NORMAL” MENGHADIRKAN TALENTA BERKEBUTUHAN KHUSUS. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
AHMAD MUSADDAD - 210900031 (ABSTRAK).pdf

Download (2MB)
[img] Text
AHMAD MUSADDAD - 210900031 (BAB 1).pdf

Download (481kB)

Abstract

Konten “Sekolah Normal” menggabungkan hiburan dan pendidikan yang bertujuan untuk melawan stereotip negatif sekaligus memberi ruang bagi talenta berkebutuhan khusus untuk tampil sebagai individu yang setara di ruang publik. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Akomodasi Komunikasi yang dikembangkan oleh Howard Giles, yang menjelaskan penyesuaian gaya komunikasi antar individu dalam interaksi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dalam kerangka paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan metode analisis resepsi Stuart Hall. Dan menggunakan pengumpulan data dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) kepada 7 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan berada dalam posisi dominan yang menunjukkan penerimaan yang positif terhadap kehadiran individu berkebutuhan khusus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa setelah menonton konten “Sekolah Normal,” para partisipan sepakat bahwa kehadiran talenta berkebutuhan khusus dapat diterima dan ditampilkan secara positif. Tayangan tersebut mampu menunjukkan keberagaman dengan cara yang menyeluruh. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana konten digital dapat berkontribusi terhadap pemahaman dan penerimaan terhadap individu berkebutuhan khusus dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 14 Sep 2025 14:46
Last Modified: 14 Sep 2025 14:46
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item View Item