Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

STRATEGI HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF RUMAH SAKIT STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT (RS) YADIKA KEBAYORAN LAMA JAKARTA

Nurisworo, Romadhon (2017) STRATEGI HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF RUMAH SAKIT STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT (RS) YADIKA KEBAYORAN LAMA JAKARTA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
bab1 SKRIPSI ROMADHON NURISWORO_.pdf

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit selain berfungsi sebagai pelayanan sosial kemasyarakatan juga telah berkembang menjadi sektor industri sehingga perlu adanya manajemen yang baik khususnya pengelolaan citra yang positif dimana image yang berkembang saat ini menempatkan rumah sakit pada posisi image yang negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh humas Rumah Sakit (RS) Yadika Kebayoran Lama Jakarta dalam usahanya untuk membangun citra yang positif di mata masyarakat. Teori dan konsep inti yang dipergunakan untuk menganalisnya adalah strategi yang dilakukan oleh humas dengan mengacu peranan dan fungsinya didalam suatu perusahaan yaitu kegiatan publikasi, even, news, inform atau image, pelibatan komunitas, lobi , dan corporate social responsibility. Paradigma yang digunakan di dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus serta penelitian yang bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui metode wawancara yang mendalam terhadap key informant dan informant yang totalnya berjumlah lima orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh humas RS Yadika Kebayoran Lama Jakarta berupa pertama, publikasi dengan menciptakan berita untuk mencari publisitas dan melakukan media monitoring atas pemberitaan tersebut. Kedua, event seperti melaksanakan kegiatan seminar awam untuk ibu hamil. Ketiga, pemberitaan yang positif melalui media website dari RS Yadika Kebayoran Lama. Keempat, pelibatan masyarakat dengan melakukan event yang melibatkan masyakarat sekitar. Kelima, inform atau image yaitu dengan melakukan komunikasi internal dengan selalu mengingatkan kepada seluruh staf untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Keenam, lobi terhadap investor dan stakeholder untuk pengembangan bisnis dan program CSR seperti donor darah, sumbangan ke yatim piatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:21
Last Modified: 01 Mar 2023 02:39
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item