Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

REPRESENTASI KONTRAVERSI IKLAN GRAB VERSI #PILIHAMAN PADA MEDIA YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF ETIKA IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Akbar, Imam (2023) REPRESENTASI KONTRAVERSI IKLAN GRAB VERSI #PILIHAMAN PADA MEDIA YOUTUBE DALAM PERSPEKTIF ETIKA IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI FULL_Imam Akbar_180900091_bab 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_Imam Akbar_180900091_abstrak.pdf

Download (795kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis iklan yang masih tidak sesuai dengan kode etik periklanan yang berlaku karena iklan tersebut mengandung unsur diskriminatif terhadap suatu pihak, serta menampilkan beberapa adegan yang tidak layak untuk dikosumsi khalayak ramai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media, untuk menggambarkan kontraversi yang ada pada setiap adegan yang ditampilkan pada iklan Grab versi #PilihAman. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes melalui tiga tahapan yakni konotasi, denotasi dan mitos. Dengan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan adalah terdapat adegan-adegan yang menunjukkan adanya unsur kontraversi yang menyalahi kode etik periklanan pada iklan Grab versi #PilihAman. Penulis menyimpulkan bahwa masyarakat harus kritis dalam melihat semua iklan yang ada terutama yang beredar digital atau melalui media sosial, dikarenakan setiap iklan yang tayang baik itu di media elektroknik ataupun media digital pasti memiliki makna yang eksplisit ataupun makna implisit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:30
Last Modified: 06 Oct 2023 04:30
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item