Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM IKLAN AJINOMOTO VERSI “KELUARGAKU” BY HARUKA KAGAWA

ANDINI, ANDI (2024) REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM IKLAN AJINOMOTO VERSI “KELUARGAKU” BY HARUKA KAGAWA. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Andi Andini - 200900001 (ABSTRAK).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Andi Andini - 200900001 (BAB 1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Elemen-elemen budaya Jepang yang terdapat dalam Iklan Ajinomoto versi “Keluargaku” By Haruka Kagawa tidak hanya membantu mengenalkan produk tetapi juga untuk membantu membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens dan menjadi ciri khas tersendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi budaya Jepang yang terkandung dalam iklan Ajinomoto versi “Keluargaku”. Teori dalam penelitian ini adala teori akulturasi dimana dalam iklan Ajinomoto terdapat pencampuran elemen budaya Jepang dengan elemen budaya Indonesia, dalam penelitian ini model teori akulturasi yang sesuai adalah model integrasi karena adanya percampuran elemen dari kedua budaya yang ditampilkan dalam iklan. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif, paradigma konstruktivisme, dan metode analisis semiotika John Fiske digunakan untuk mengamati tanda-tanda dan juga makna budaya Jepang dalam tayangan Iklan-iklan Ajiomoto versi “Keluargaku” By Haruka Kagawa melalui level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa iklan Ajinomoto versi "Keluargaku" By Haruka Iklan Ajinomoto "Keluargaku" menampilkan representasi budaya Jepang melalui tiga level: tampilan visual, musik, dan pesan tersirat. Iklan ini merefleksikan nilai-nilai budaya Jepang seperti peran gender dan konsumerisme. Musik khas Jepang menjadi penanda utama dari budaya ini dalam iklan. Kesimpulan Respon audiens terhadap representasi budaya Jepang Iklan "Keluargaku" berhasil menarik perhatian berbagai kalangan audiens. Bagi mereka yang memahami budaya Jepang, iklan ini menciptakan koneksi emosional yang kuat. Sementara itu, bagi audiens yang lebih luas, iklan ini berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif dengan menampilkan visual dan audio yang menarik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 22 Sep 2024 12:02
Last Modified: 22 Sep 2024 12:02
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3948

Actions (login required)

View Item View Item