Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Makna Pesan Beretika Dalam Bermedia Sosial Pada Film Budi Pekerti (Analisis Semiotika Model John Fiske)

Qudriyah, Ida Lailatul (2024) Makna Pesan Beretika Dalam Bermedia Sosial Pada Film Budi Pekerti (Analisis Semiotika Model John Fiske). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Ida Lailatul Qudriyah - 200900015 (BAB 1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ida Lailatul Qudriyah - 200900015 (ABSTRAK).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian memilih film Budi Pekerti karena film ini menggambarkan permasalahan dalam penggunaan media online, dimana pengguna sering kali tdak mematuhi etika bermedia sosial yang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan beretika dalam bermedia sosial pada film Budi Pekerti karya Wrega Bhanuteja. Teori yang digunakan dalam Penelitian ini ialah Teori Kritis, untuk mendorong kesadaran kritis pengguna media sosial mengenai konten yang mereka konsumsi dan bagikan, serta untuk mendorong refleksi kritis penggunaan media sosial yang lebih etis. Metode yang digunakan ialah analisis semiotika John Fiske dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan paradigma kritis, dengan pengumpulan data primer dari potongan gambar film dan data sekunder dari artikel, buku, dan sumber internet. Hasil penelitian menunjukkan adegan-adegan yang mengandung etika dalam penggunaan media sosial dalam film Budi Pekerti melalui semiotika John Fiske dengan tiga level yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Kesimpulan penelitian yaitu menyampaikan pesan tentang memeriksa kebenaran berita dan menggunakan Bahasa yang baik di media sosial untuk menciptakan lingkungan media sosial yang lebih etis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Tn Satrio Wibowo
Date Deposited: 23 Sep 2024 11:54
Last Modified: 23 Sep 2024 11:56
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item View Item