Devy, Clarisa Karunia (2025) Komodifikasi Popularitas Selebriti Dalam Film Dokumenter “All access to Rossa 25 shining years”. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Clarisa Karunia Devy - 210900081 (ABSTRAK).pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Clarisa Karunia Devy - 210900081 (BAB I).pdf Download (667kB) |
Abstract
Popularitas selebriti dalam media modern semakin dianggap sebagai komoditas dalam kerangka industri budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik komodifikasi popularitas selebriti yang terdapat dalam film dokumenter “All access to rossa 25 shining years.” Adapun teori dalam penelitian ini menggunakan teori budaya kritis yang dikemukakan oleh Theodor Adorno, yang digunakan untuk menghubungkan penggambaran dan penjabaran permasalahan yang terdapat pada scene film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis dan metode analisis semiotika yang dikembangkan oleh John Fiske yang dimana dalam level semiotik terdapat tiga level : level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dokumenter ini menampilkan proses komodifikasi pada tiga elemen : isi (konten kehidupan pribadi sebagai daya tarik utama), audiens (penonton yang dikonstruksi sebagai target pasar), dan pekerja (kru film yang dimobilisasi untuk mendukung citra selebriti). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa film mengemas sosok selebriti sebagai komoditas dengan cara mengubah narasi kehidupan personal menjadi tontonan emosional dan inspiratif, yang bertujuan menarik perhatian penonton dan mendukung kepentingan pasar industri hiburan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Comunication |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 11:06 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 13:26 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
