Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM, INFLUENCER, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI PADA KAHF DI OFFICIAL ACCOUNT KAHF BROTHERHOOD (STUDI KASUS GEN-Z DAN GEN-Y)

Saputra, Muhammad Ikmal (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA INSTAGRAM, INFLUENCER, ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP MINAT BELI PADA KAHF DI OFFICIAL ACCOUNT KAHF BROTHERHOOD (STUDI KASUS GEN-Z DAN GEN-Y). Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
MUHAMMAD IKMAL SAPUTRA - 210400061 (ABSTRAK).pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMMAD IKMAL SAPUTRA - 210400061 (BAB I).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Instagram, Influencer, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap minat beli konsumen pada produk skincare kahf pada Gen Z dan Gen Y di Official Account Kahf Brotherhood. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling. Sampel penelitian terdiri dari responden Generasi Z dan Generasi Y dengan analisis data yang meliputi Regresi Linier Berganda, Uji F (Simultan), Uji t (Parsial), serta Koefisien Determinasi dengan bantuan software SPSS 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara parsial, Social Media Instagram dan Influencer terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan E-WOM tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Temuan ini menunjukkan bahwa visual konten Instagram dan kredibilitas influencer lebih dominan dalam membentuk minat beli konsumen pria dibandingkan ulasan konsumen. Kebaruan penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil pada variabel electronic word of mouth yang tidak berpengaruh signifikan, berbeda dengan banyak penelitian terdahulu yang menekankan pengaruh positifnya. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi perusahaan untuk lebih fokus pada strategi pemasaran berbasis konten visual dan influencer marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Tn Andrian Prayudho
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:08
Last Modified: 10 Sep 2025 07:08
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item