Ramadhan, Shaddam Rizky (2025) Strategi Marketing Public Relation CV. Multindo Jaya Mandiri Dalam Menangani Komplain Customer. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.
|
Text
Shaddam Rizky Ramadhan - 210900044 (ABSTRAK).pdf Download (952kB) |
|
|
Text
Shaddam Rizky Ramadhan - 210900044 (BAB I).pdf Download (477kB) |
Abstract
Komplain dari customer merupakan hal yang umum terjadi dalam dunia bisnis, namun jika tidak ditangani dengan baik, keluhan tersebut dapat berdampak customer beralih ke pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Marketing Public Relation CV. Multindo Jaya Mandiri dalam menangani komplain customer agar tidak beralih ke pesaing atau kompetitor perusahaan. Landasan teori yang digunakan Teori Excellence dengan model komunikasi dua arah simetris (Two-Way Symmetrical Communication). Teori ini menekankan komunikasi dua arah yang saling menguntungkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Paradigma Post Positivisme, Metode penelitian studi kasus, sifat penelitian deskriptif, data di kumpulkan melalui obeservasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing Public Relation dalam menangani komplain dilakukan melalui komunikasi dua arah dengan penanganan yang cepat, seperti perbaikan produk, dan menyediakan saluran komunikasi untuk menyampaikan keluhan melalui WhatsApp, telepon. Selain itu, strategi Marketing Public Relation dengan menerapkan konsep (Three Ways Strategy), untuk meningkatkan kepuasan, dan menciptakan loyalitas customer dan Melalui aktivitas MPR, seperti pemberian sponsor dan ucapan pada hari besar pada customer yang komplain, hal ini untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan guna mencegah customer beralih ke pesaing perusahaan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Marketing Public Relation yang efektif, melalui pendekatan komunikasi dua arah dan aktivitas Marketing Public Relation, menjadi kunci dalam menangani komplain customer serta mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas customer terhadap perusahaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Comunication |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Nn Nilam Cahya |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 10:39 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 10:39 |
| URI: | http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
