Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN BRAND IMAGE PELAYANAN KESEHATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN DI RUMAH SAKIT YADIKA KEBAYORAN LAMA

LUBIS, EFIANA HELFRIDA (2025) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN BRAND IMAGE PELAYANAN KESEHATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN DI RUMAH SAKIT YADIKA KEBAYORAN LAMA. Masters thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
Efiana Helfrida Lubis - 221100020 (ABSTRAK).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Efiana Helfrida Lubis - 221100020 (BAB I).pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang. Persaingan di industri layanan kesehatan semakin ketat, menuntut rumah sakit untuk mengadopsi strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan minat kunjungan dan loyalitas pasien. Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama (RSYKL) mengalami fluktuasi jumlah kunjungan pasien, meskipun telah menyediakan layanan medis yang kompetitif. Faktor bauran pemasaran (7P) yang terdiri dari Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence sebagaimana dikemukakan dalam konsep Kotler, serta Brand Image yang merujuk pada teori dari Aaker, diduga memainkan peran penting dalam menarik minat kunjungan pasien untuk memilih pelayanan kesehatan. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (7P) dan brand image terhadap minat kunjungan pasien di RSYKL. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 71 pasien RSYKL menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil. Penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap minat kunjungan pasien. Secara parsial, variabel Product, Price, Place, People, dan Physical Evidence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat kunjungan pasien, sementara variabel Promotion, Process, dan Brand Image tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Management > Management (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pemasaran (S2)
Depositing User: Ny Amrita Dyah Lestari
Date Deposited: 14 Sep 2025 10:47
Last Modified: 14 Sep 2025 10:47
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item