Search for collections on Repository Universitas Satya Negara Indonesia

Penilaian Sosial dalam Konten Charity 1 Milyar Pada Channel YouTube Windah Basudara

Putri, Triana (2025) Penilaian Sosial dalam Konten Charity 1 Milyar Pada Channel YouTube Windah Basudara. Undergraduate thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

[img] Text
TRIANA PUTRI_210900061 (ABSTRAK).pdf

Download (4MB)
[img] Text
TRIANA PUTRI_210900061 (BAB I).pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian sosial audiens terhadap charity livestreaming Windah Basudara di YouTube. Penilaian sosial merujuk pada evaluasi individu terhadap pesan sosial berdasarkan nilai, norma, dan persepsi yang dimilikinya. Fenomena ini penting diteliti karena menunjukkan pergeseran fungsi media digital sebagai ruang partisipasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi konten livestreaming, dan dokumentasi digital. Informan terdiri dari content creator, fundraiser, donatur, dan penonton yang terlibat langsung dalam konten charity tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens memberikan penilaian positif terhadap konten charity. Penilaian ini dipengaruhi oleh kesesuaian nilai, keterlibatan emosional, dan kepercayaan terhadap komunikator. Audiens terdorong untuk berpartisipasi karena merasa pesan disampaikan secara jujur dan menyentuh. YouTube berperan sebagai media interaktif yang memfasilitasi aksi sosial, seperti donasi dan penyebaran pesan. Hal ini membentuk solidaritas digital antara kreator dan audiens. Temuan ini mendukung relevansi Social Judgment Theory dalam konteks komunikasi digital dan menunjukkan bahwa konten charity livestreaming efektif membangun keterlibatan sosial audiens.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Comunication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nn Nilam Cahya
Date Deposited: 11 Sep 2025 12:11
Last Modified: 11 Sep 2025 12:11
URI: http://repo.usni.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item